Showing all 5 results

Mesin Dishwasher | Mesin Pencuci Piring Komersial & Restaurant

Mesin Dishwasher atau mesin pencuci piring adalah alat mekanis yang digunakan untuk membersihkan peralatan makan, piring, sendok, garpu, mangkuk & peralatan cutlery lainnya. Tidak seperti pada cara mencuci piring secara manual dengan menggosokan secara fisik untuk menghilangkan kotoran, dishwasher membersihkan dengan cara menyemprotkan air panas pada rentang suhu 45-75 derajat celcius.

Deksripsi & Pengertian Tentang Dishwasher

Mesin Dishwasher adalah sebuah perangkat atau mesin yang dapat digunakan untuk mencuci dan membersihkan segala macam peralatan makan salah satunya adalah piring. Mesin Dishwasher ini akan sangat membantu Anda apalagi bagi Anda yang malas untuk mencuci piring kotor yang semakin menumpuk atau bagi Anda yang memiliki restoran. Selain itu, dengan menggunakan mesin dishwasher ini, Anda dapat langsung menyelesaikan pekerjaan mencuci piring Anda hingga beberapa piring sekaligus.

Cara kerja mesin dishwasher ini adalah dengan menyemprotkan air panas yaitu yang suhunya sekitar 45 derajat sampai dengan 75 derajat celcius. Jika Anda ingin membersihkan peralatan – peralatan yang lebih kecil, Anda dapat menggunakan suhu yang lebih rendah. Sebagai pembersih, mesin dishwasher ini menggunakan deterjen yang cukup korosif dalam membersihkan lemak, sehingga lemak membandel dapat hilang dengan semprotan deterjen yang digunakan.

Mesin pencuci piring ini memiliki beberapa bagian penting yaitu bagian seal yaitu bagian dalam mesin dishwasher ini yang fungsinya adalah sebagai penutup mesin ini untuk menghindari adanya kebocoran air (seal ini terdapat pada pintu mesin dan harus sering dirawat agar tetap dalam keadaan yang baik ) dan saluran air. Saluran ini adalah tempat dimana air yang ada dialirkan, bagian ini adalah bagian dengan jumlah terbanyak dari semua bagian yang ada di mesin cuci piring ini, bagian ini juga harus mendapatkan perhatian lebih guna menghindari kerusakan serta kebocoran saluran air mulai dari proses pengambilan air pada kran sampai dengan proses pembuangan air. Usahakan agar saluran air ini tidak terjadi tumpukan lemak sehingga terjadi penyumbatan ).

Selain itu, mesin ini juga memiliki bagian – bagian lain seperti propeller plastik ( tempat meletakkan piring – piring ), saluran masuk air, lubang air, propeller logam, lubang pembuangan air dan kotoran, serta elemen pemanas ( terbuat dari bahan – bahan konduktor panas yang baik ).

Cara kerjanya yang pertama, Anda diharuskan untuk meletakkan piring serta perlengkapan makan Anda yang kotor pada rak yang terdapat di dalam mesin dishwasher tersebut. Kemudian sambungkan selang yang terhubung oleh mesin dishwasher ke kran yang menyala secukupnya. Setelah air tertampung, secara otomatis, elemen pemanas yang terdapat di mesin dishwasher tersebut akan bekerja dan mulai memanaskan air. Untuk sekedar informasi, bahwa dishwasher ini sama seperti mesin cuci pakaian sehingga panas yang ada berasal dari listrik.

Selanjutnya nantinya air yang telah panas tersebut akan masuk ke propeller dan kemudian propeller tersebut nantinya berputar dan air didalamnya akan keluar lewat lubang kecil diatas permukaan propeller tersebut sehingga dapat membersihkan barang – barang perlatan makan yang telah dimasukkan ke dalamnya. Setelah deterjen keluar, barang – barang tersebut akan disembur dengan air  untuk menghindari lemak – lemak serta busa deterjen yang belum hilang. Proses pembersihan ini dilakukan hingga dirasa pencucian telah selesai.